Setan Makan Dengan Tangan Kiri

Setan merupakan musuh yang nyata bagi kita kaum muslimin.Salah satu kebiasaan setan dalam cara makan adalah setan makan menggunakan tangan kiri. Setan makan dan minum saat kita makan atau minum dalam kondisi saat kita lupa untuk berdoa. Karena kita lupa berdoa, maka setan juga ikut makan.Kecuali jika kita berdoa sebelum makan, maka setan tidak akan ikut makan dengan kita atau kita berdoa dengan doa khusus saat lupa membaca doa makan maka setanpun akan langsung memuntahkan makanannya.Untuk lebih jelasnya bisa baca penjelasan mengenai Doa Sebelum Makan .

Diriwayatkan dari Hudzaifah radhiyallahu ‘anhu mengatakan,

“Apabila kami makan bersama Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam, maka kami tidak memulainya sehingga beliau memulai makan. Suatu hari kami makan bersama Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam, tiba-tiba datanglah seorang gadis kecil seakan-akan anak tersebut terdorong untuk meletakkan tangannya dalam makanan yang sudah disediakan. Dengan segera Nabi memegang tangan anak tersebut. Tidak lama sesudah itu datanglah seorang Arab Badui. Dia datang seakan-akan didorong oleh sesuatu. Nabi lantas memegang tangannya. Sesudah itu beliau shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Sesungguhnya setan turut menikmati makanan yang tidak disebut nama Allah padanya. Syaitan datang bersama anak gadis tersebut dengan maksud supaya bisa turut menikmati makanan yang ada karena gadis tersebut belum menyebut nama Allah sebelum makan. Oleh karena itu aku memegang tangan anak tersebut. Syetan pun lantas datang bersama anak Badui tersebut supaya bisa turut menikmati makanan. Oleh karena itu, aku pegang tangan Arab Badui itu. Demi Allah yang jiwaku ada di tangan-Nya, sesungguhnya tangan syetan itu berada di tanganku bersama tangan anak gadis tersebut.” 
(HR. Muslim no. 2017)


Disebutkan dalam Riyadhus Shalihin, 

"Pernah Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam duduk dan ada seorang laki-laki yang sedang makan tapi belum membaca "bismillah" sehingga makanannya tinggal satu suap. Ketika ingin memasukkannya ke mulutnya, dia membaca, "Bismillaahi Awwalahu wa Aakhiaihu", maka Nabi shallallahu 'alaihi wasallam tertawa, lalu bersabda, "Syetan ikut serta makan bersamanya, dan ketika dia menyebut nama Allah, dia memuntahkan apa yang ada di perutnya." 
(HR. Abu Dawud dan al-Nasai. Didhaifkan oleh Al-Albani dalam Shahih wa Dhaif Sunan Abi Dawud no. 3768)




setan makan dengan tangan kiri
Setan makan dengan tangan kiri

Benarkah setan makan dengan tangan kiri dan minum dengan tangan kiri ?

Setan memang makan dengan tangan kiri.Hal ini dibuktikan dalam Shahih Muslim disebutkan sebuah riwayat,

« إِذَا أَكَلَ أَحَدُكُمْ فَلْيَأْكُلْ بِيَمِينِهِ وَإِذَا شَرِبَ فَلْيَشْرَبْ بِيَمِينِهِ فَإِنَّ الشَّيْطَانَ يَأْكُلُ بِشِمَالِهِ وَيَشْرَبُ بِشِمَالِهِ ».
“Jika seseorang di antara kalian makan, maka hendaknya dia makan dengan tangan kanannya. Jika minum maka hendaknya juga minum dengan tangan kanannya, karena setan makan dengan tangan kirinya dan minum dengan tangan kirinya pula.”
 (HR. Muslim no. 2020)

Dari hadits di atas sangat jelas ditunjukkan bahwa setan makan dengan tangan kiri.Berbeda dengan kita umat muslim yang dianjurkan untuk makan dengan tangan kanan.

Nabi Muhammad SAW mengajurkan untuk makan dengan tangan kanan 
Hal ini sebagaimana Hadits Riwayat Muslim :


أَنَّ رَجُلاً أَكَلَ عِنْدَ رَسُولِ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- بِشِمَالِهِ فَقَالَ « كُلْ بِيَمِينِكَ ». قَالَ لاَ أَسْتَطِيعُ قَالَ « لاَ اسْتَطَعْتَ ». مَا مَنَعَهُ إِلاَّ الْكِبْرُ. قَالَ فَمَا رَفَعَهَا إِلَى فِيهِ.

“Ada seorang laki-laki makan di samping Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dengan tangan kirinya. Lalu Rasulullah bersabda, ‘Makanlah dengan tangan kananmu!’ Dia malah menjawab, ‘Aku tidak bisa.’ Beliau bersabda, ‘Benarkah kamu tidak bisa?’ -dia menolaknya karena sombong-. Setelah itu tangannya tidak bisa sampai ke mulutnya.”
 (HR. Muslim no. 2021)

Makanlah dengan tangan kanan dan makan makanan yang ada didekatmu

Sebagaimana dalam hadits yang muttafaqun ‘alaih,

يَا غُلاَمُ سَمِّ اللَّهَ ، وَكُلْ بِيَمِينِكَ وَكُلْ مِمَّا يَلِيكَ
“Wahai anak, sebutlah nama Allah, dan makanlah dengan tangan kananmu, serta makanlah yang ada di hadapanmu.” 
(HR. Bukhari no. 5376)

Umar bin Abi Salamah meriwayatkan, “Suatu hari aku makan bersama Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, dan aku mengambil daging yang berada di pinggir nampan, lantas Nabi bersabda, “Makanlah makanan yang berada di dekatmu.” 
(HR. Muslim, no. 2022)

Hendaknya kita mengambil makanan yang ada di dekat kita.Karena mungkin jika kita mengambil makanan yang berada dihadapan orang lain, maka orang tersebut akan merasa risih dengan sikap kita tersebut.

Wallahu’ a'lam bishshawab,

Sumber referensi :
http://muslim.or.id/akhlaq-dan-nasehat/adab-makan-seorang-muslim-1.html
http://rumaysho.com/amalan/hukum-makan-dengan-tangan-kiri-1279
http://www.eramuslim.com/peradaban/tafsir-hadits/kenapa-kanan-selalu-didahulukan-dibanding-kiri.htm

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Setan Makan Dengan Tangan Kiri"

Posting Komentar