Doa Masuk Masjid Lengkap Dengan Hadits

Pembahasan mengenai doa masuk masjid.Masjid adalah tempat yang suci bagi umat islam. Masjid juga sering disebut Rumah Allah (Baitullah) yang mempunyai arti bangunan yang didirikan sebagai saran untuk mengabdi kepada Allah. Masjid mempunyai fungsi utama sebagai tempat melaksanakan ibadah shalat wajib berjamaah.Selain sebagai tempat shalat berjamaah, masjid juga berfungsi sebagai tempat untuk aktifitas sosial, dakwah, menuntut ilmu, berdzikir, i'tikaf, dll. Shalat dimasjid secara berjamaah juga mempunyai keutamaan yang sangat besar, salah satunya adalah mengenai pahala yang kita dapatkan daripada kita sholat sendiri .Hal ini sebagaimana hadits di bawah ini :

صَلاَةُ الْجَمَاعَةِ أَفْضَلُ مِنْ صَلاَةِ الْفَذِّ بِسَبْعٍ وَعِشْرِينَ دَرَجَةً

“Shalat jama’ah lebih utama dari shalat sendirian sebanyak 27 derajat”
 (HR. Bukhari dan Muslim)

Karena begitu agungnya fungsi dan kedudukan masjid. Maka kita sebagai umat muslim sudah seharusnya menghormati dan menjaga masjid.Salah satu yang bisa kita lakukan untuk menghormati masjid adalah dengan berdoa sebelum masuk masjid.

masuk masjid
Doa saat masuk masjid

Bagaimana doa ketika masuk masjid ?

Doa masuk masjid adalah dengan membaca doa di bawah ini 

 اللَّهُمَّ افْتَحْ لِى أَبْوَابَ رَحْمَتِكَ

‘Allahummaftahlii abwaaba rahmatik’ 
Artinya : "Ya Allah, bukakanlah pintu-pintu rahmat-Mu"


Hal ini sebagaimana terdapat dalam hadits Abu Sa’id radhiyallahu ‘anhu:


إِذَا دَخَلَ أَحَدُكُمُ الْمَسْجِدَ فَلْيَقُلِ اللَّهُمَّ افْتَحْ لِى أَبْوَابَ رَحْمَتِكَ. وَإِذَا خَرَجَ فَلْيَقُلِ اللَّهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ

Artinya : “Jika salah seorang di antara kalian memasuki masjid, maka ucapkanlah, ‘Allahummaftahlii abwaaba rahmatik’ (Ya Allah, bukakanlah pintu-pintu rahmat-Mu). Jika keluar dari masjid, ucapkanlah: ‘Allahumma inni as-aluka min fadhlik’ (Ya Allah, aku memohon pada-Mu di antara karunia-Mu) ” 
(HR. Muslim 713)

Semoga kita senantiasa selalu ingat untuk membaca doa sebelum masuk masjid.Karena saat kita akan masuk masjid berarti kita akan masuk ke dalam rumah Allah SWT. Sebagaimana tertulis dalam Al-Qur'an :

Dan sesungguhnya mesjid-mesjid itu adalah kepunyaan Allah. Maka janganlah kamu menyembah seseorang pun di dalamnya di samping (menyembah) Allah. 
(QS 72:18, Al Jin)

Dan marilah kita senantiasa memakmurkan masjid supaya kita termasuk kedalam orang - orang yang beriman.Dengan cara memakmurkan masjid sebagaimana mestinya dan meninggalkan hal hal yang dilarang dilakukan saat di masjid .


Hanyalah yang memakmurkan masjid-masjid Allah ialah orang-orang yang beriman kepada Allah dan hari kemudian, serta tetap mendirikan shalat, menunaikan zakat dan tidak takut (kepada siapa pun) selain kepada Allah, maka merekalah orang-orang yang diharapkan termasuk golongan orang-orang yang mendapat petunjuk. 
(QS 9:18, At Taubah)


Wallahu a’lam bish-shawab


Sumber referensi :
http://www.masjidrayavip.org/
http://muslim.or.id/fiqh-dan-muamalah/adab-shalat-berjamaah-di-masjid.html
http://rumaysho.com/shalat/apakah-orang-yang-shalat-jamaah-di-rumah-mendapatkan-27-derajat199-749

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Doa Masuk Masjid Lengkap Dengan Hadits"

Posting Komentar